Kampung Warna-Warni Tigarihit di Danau Toba Siap Manjakan Mata Wisatawan

toptrending365.com – Bersiaplah untuk memanjakan mata saat mengunjungi Kampung Warna-warni Tigarihit, Parapat. Keindahan alam, serta keramahan penduduk destinasi wisata baru di sekitar Danau Toba, Sumatra Utara ini akan menambah pengalaman tak terlupakan dalam perjalanan Anda.

Kampung Warna-Warni Tigarihit diresmikan tepat pada perayaan HUT ke-75 RI, Senin, 17 Agustus 2020. Peresmian secara langsung dilakukan Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo, bersama Pokdarwis dan Camat Girsang Sipangan Bolon.

Lewat keterangan resmi yang baru-baru ini, Arie menyatakan, peresmian yang dilakukan tepat pada perayaan 17-an tersebut dijadikan sebagai momentum untuk kembali membangkitkan pariwisata Danau Toba yang sempat terdampak pandemi COVID-19.

“Peresmian Kampung Wisata Warna-Warni kami lakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ungkap Arie. Kemeriahan acara ditambah dengan parade obor, serta pertunjukan lampion berlatar matahari terbenam di tepi Danau Toba.

Kampung Wisata Tigarihit berada di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simangulin, tepatnya di Jalan Kolonel TPR Sinaga. Area berjarak hanya beberapa menit dari kota Parapat ini ditempati penduduk yang mayoritas memiliki profesi sebagai pekerja pariwisata.

Hadirnya Kampung Warna-Warni bermula dari kesadaran penduduk akan potensi Tigarihit sebagai pusat destinasi wisata. Melibatkan kreativitas dan gotong-royong, mereka mengubah cat rumah dengan berbagai variasi warna hingga pada menghasilkan pemandangan yang sedap dipandang.

Daya Tarik Lain

Perpaduan seni mural dan sentuhan ornamen payung di beberapa sudut perkampungan juga menjadikan wilayah Tigarihit lebih menarik bagi wisatawan ketika ingin mengabadikan momen liburan.

“BPODT sangat memberi perhatian pada Tigarihit sebagai salah satu destinasi wisata di kawasan Danau Toba. Apalagi, masyarakat Tigarihit sangat mendukung hal ini,” ujar Arie.

Tak hanya mengandalkan warna-warni di sekitar pemukiman warga, pengunjung juga bakal diajak menikmati panorama matahari terbenam dari sudut Kampung Tigarihit.

“Kami ingin menampilkan semua sisi menarik dari Tigarihit. Menikmati matahari terbenam di Danau Toba dari perbukitan Tigarihit adalah sesuatu yang sangat menarik,” tambah Arie.

Wishnutama Kusubandio selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut menyambut baik peresmian Kampung Warna-Warni Tigarihit sebagai daya tarik baru di Danau Toba. Terlebih dengan status Danau Toba sebagai satu dari lima destinasi wisata prioritas.

“Situasi pandemi seperti sekarang menuntut semua pihak lebih kreatif dan inovatif. Kita semua harus berupaya extra ordinary agar dapat memberi dampak luar biasa. Semoga kehadiran Kampung Warna-Warni Tigarihit memberikan dampak yang besar bagi masyarakat,” kata Wishnutama.

Pemandangan Kampung Warna-Warni Tigarihit cocok untuk berlibur sembari bersantai. Menikmati pemandangan alam di tepi Danau Toba dapat jadi pilihan tepat untuk sejenak melarikan diri dari kepenatan aktivitas sehari-hari. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama berwisata di masa pandemi.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *