Berkawan Gawai Selama di Rumah Saja, Awas Bahaya Sinar Biru

toptrending365.com – Selama kerja dari rumah tentu kita jadi sering bercengkrama dengan gawai. Ini artinya kita banyak terpapar cahaya biru (blue light) dari gawai, dan mata atau kulit terkena imbasnya. Karena itu, Anda membutuhkan pelindung dari cahaya biru.

Cahaya biru merupakan gelombang cahaya yang terlihat biru. Dan, memiliki lebih banyak energi per-foton cahaya daripada warna lain dalam spektrum yang terlihat. Sayangnya, dosis yang cukup tinggi dari cahaya biru bisa merusak berbagai sel dalam tubuh yang menyerapnya, serta itu juga dapat membuat mata Anda merasa lebih lelah daripada biasanya.

Sebuah studi tahun 2018 dalam International Journal of Ophthalmology menjelaskan karena cahaya biru memiliki energi tinggi, ia dapat melewati kornea dan lensa mata Anda, mencapai retina dan menyebabkan penyakit seperti mata kering, katarak, dan degenerasi makula.

Menghindari Paparan Cahaya Biru

Penelitian juga menemukan bahwa kulit yang terpapar sinar cahaya yang dipancarkan dari perangkat elektronik selama satu jam, dapat merusak kulit dan berpotensi mempercepat penuaan kulit.

Selain itu, cahaya biru merangsang otak Anda dan menghambat sekresi melatonin, yang secara negatif dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Cara Melindungi Diri dari Paparan Cahaya Biru

Anda harus memastikan melindungi mata dan kulit dari cahaya biru. Beberapa produk ini bisa jadi pilihannya mengutip Popsugar:

1. Kacamata radiasi

Kemungkinannya adalah Anda selalu melihat layar, baik itu ponsel Anda, televisi, atau laptop Anda. Ini berarti Anda harus melindungi mata Anda dari cahaya biru. Anda bisa menggunakan kacamata antiradiasi atau blue light. Ada berbagai merek di pasaran yang menjual kacamata jenis ini.

Cara Lainnya

2. Sunscreen SPF 40

Cahaya biru tidak hanya buruk bagi mata, tetapi juga buruk bagi kulit Anda. Bahkan jika Anda tidak pergi ke luar rumah, Anda harus mengenakan tabir surya untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit Anda.

Anda bisa menggunakan Sunscreen SPF 40 yang dapat melindungi kulit dari cahaya biru yang dipancarkan dari elektronik.

Pilihkan yang untuk semua jenis kulit, tanpa aroma, dan juga bertindak sebagai makeup primer.

3. Serum antipolusi

Produk lain yang akan membantu melindungi kulit Anda dari sinar biru adalah serum yang dapat Anda gunakan setiap hari untuk melindungi dari polusi dan cahaya biru yang dihasilkan dari layar.

Lindungi Diri dari Cahaya Biru

4. Screen protector

Anda mungkin yang menghabiskan banyak waktu di depan ponsel, itulah sebabnya Anda bisa menggunakan screen proctector yang bisa melindungi dari cahaya biru.

5. Blue light blocking computer screen

Terlepas dari apa yang Anda tonton atau kerjakan di laptop Anda, pastikan Anda melindungi mata dan kulit Anda dengan menggunakan pelindung layar komputer dari cahaya biru.

6. Hydration mist pelindung cahaya biru

Anda juga bisa menjaga agar kulit Anda lembab dan segar dengan menggunakan hydration mist yang bisa melindungi kulit dari cahaya biru.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *